---- SELAMAT DATANG DI SITUS KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN LEBONG ---

Sabtu, 07 Mei 2011

MULYA: KUOTA HAJI LEBONG HANYA UNTUK WARGA LEBONG


HumasLebong (6/5) - Kuota Haji Kabupaten Lebong hanya diperuntukan bagi warga Lebong yang secara jelas berdomisili di Kabupaten Lebong, kata kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong saat memberikan arahan kepada Kepala KUA di Kabupaten Lebong, Kamis.
Hal tersebut disampaikannya, menanggapi isu yang berkembang bahwa kuota haji Lebong disusupi oleh pendaftar dari luar Lebong atau eksodus.
Dalam arahanya, secara tegas Mulya membahtah adanya jamaah eksodus karena setelah dilakukan pengecekan terhadap seluruh berkas Calon Jamaah Haji, data kependudukan seperti KTP maupun KK sesuai dengan hasil pengecekan yang dilakukan oleh tim yang dibentuk Kantor Urusan Agama Kecamatan.
Namun demikian, denga isu-isu yang bekembang, ia meminta kepada petugas haji untuk lebih berhati-hati dan selektif terhadap calon pendaftar haji walaupun persyaratanya sudah dilengkapi.
"Sebelum diberikan syarat-syarat haji saya minta kepada petugas untuk mempertanyakan tempat domisili secara rinci jangan sampai kecolongan dan bila bukan warga Lebong jangan diberikan syarat mendaftar," tegasnya.
Sementara kepada kepala KUA untuk dapat memantau pendaftar Haji ditingkat Kecamatan sehingga keberadaan dan keakuratan KTP dapat dipertanggungjawabkan.
"Walaupun persyaratan secara administatif lengkap, saya mohon kepada kepala KUA untuk mengecek kembali ke lapangan jangan sampai muncul laporan dari masyarakat adanya jamaah dari luar Lebong," harapnya.
Sementera itu, salah satu petugas Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT), Jaja,S.Kom. mengaku sering mengalami kesulitan membedakaan mana warga Lebong dan bukan warga Lebong karena secara Administrasi semua persyaratan Lengkap.
"Selain lebih selektif, Saya kira solusinya perlu ada kerja sama antara kementerian agama dengan intansi terkait yang menerbitkan bukti kependudukan," katanya.

0 komentar: