---- SELAMAT DATANG DI SITUS KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN LEBONG ---

Jumat, 14 Januari 2011

DAFTAR TUNGGU CALON JAMAAH HAJI LEBONG CAPAI 298 JAMAAH


Lebong (14/1) - Daftar Tunggu Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Lebong yang tercatat dalam sistem pendaftaran manual maupun dalam pendaftaran Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) Kementerian Agama Kabupaten Lebong yang mulai dioperasikan pada pertengahan tahun 2010 mencapai 298 jamaah.
Hal tersebut diungkapkan Kasi Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Lebong, Drs Aminudin sesaat setelah pelaksanaan Sosialisasi SISKOHAT yang dilaksanakan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Lebong Utara.
"Animo masyarakat Lebong untuk pergi haji terus meningkat hal tersebut bisa dilihat dari semakin panjangnya daftar tunggu jamaah Haji yang tercatat di Kementerian Agama Kabupaten Lebong," ungkapnya.
Peningkatan tersebut, dikatakanya merupakan cermin kesadaran masyarakat Lebong akan Rukun Islam ke lima yaitu pergi haji bagi orang yang mampu.
Selain itu animo masyarakat itu juga disebabkan oleh peningkatan pendapatan masyarakat Lebong yang pada umumnya memiliki penghasilan yang bersumber dari bercocok tanam padi.
Berdasarkan perkiraan, 40 persen pendaftar haji kabupaten lebong sebagai petani, selanjutnya 30 persen PNS dan sisanya Swasta serta Pedangang.
Lebih lanjut, Drs Aminudin menjelaskan, dengan jumlah daftar tunggu tersebut, berarti sudah memasuki daftar tunggu tahun 2014 dengan catatan apabila kuota haji kabupaten Lebong hanya berkisar 90 atau 95 jamaah per tahun.
Kementerian Agama Kabupaten Lebong, sejak pertengahan tahun 2010 atau tepatnya awal bulan Agustus 2010 menerapkan sistem pendaftaran ol-line atau sering disebut SISKOHAT sebagai upaya peningkatan pelayanan sistem pendaftaran haji.
SISKOHAT Merupakan sistem pendaftaran haji yang digulirkan pemerintah untuk mempermudah, mempercepat dan memperluas akses informasi haji baik ditanah air maupun ditanah suci yang terhubung di 27 provinsi dan 8 embarkasi.(Humas)

0 komentar: